Wednesday, February 23, 2011

Peluncuran Perdana KA Rajawali II SMT-SBI

Pada tanggal 12 Pebruari 2011 telah dilaksanakan acara peluncuruan KA Rajawali 2 jurusan SBI-SMT PP. Acara yang dimulai pada pukul 05.30 - 06.00 WIB di Stasiun Surabaya Pasar Turi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur, Ir. Wahid Wahyudi, MT, EVP Daop 8 Surabaya Ir. Slamet Suseno Priyanto, para karyawan PT KAI Daop 8 Sb, media cetak dan elektronik, serta para undangan.
Acara dibuka oleh sambutan EVP Daop 8 Surabaya, Slamet Suseno Priyanto. “Peluncuran KA Rajawali ini diharapkan dapat menambah okupansi penumpang dan pendapatan untuk PT KAI, selain itu KA Rajawali 2 Pagi ini juga untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menghendaki perjalanan dari Surabaya-Semarang PP, karena KA Rajawali 2 ini berangkat lebih pagi yaitu pukul 06.00 dan tiba di Semarang Tawang pukul 10.20, serta kembali lagi ke Surabaya pada pukul 14.30 dan tiba pada pukul 18.54.” kata  Suseno. Dalam sambutannya, Suseno juga mengungkapkan tentang rencana pembuatan jalur baru dan shortcut SBI-SGU, serta rencana pembangunan double track jalur utara guna memenuhi kebutuhan angkutan darat yang lebih cepat.
                                

Kiri: Peresmian KA Rajawali 2 secara simbolik dengan menombol sirine oleh Kadishub Wahid Wahyudi didampingi EVP Daop 8 Surabaya Slamet Soeseno Priyanto
  Kanan: Kadishub Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi didampingi  EVP Daop 8 Sb  dan Jajaran Manager  saat memberikan ucapan selamat jalan kepada penumpang KA Rajawali II Perdana
Selanjutnya acara diisi oleh sambutan Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi. “Peluncuran KA Rajawali 2 ini menurut saya, salah satu peningkatan efisiensi kereta api, karena perjalanan menggunakan kereta api dapat menghemat waktu hingga 60 persen bila dibandingkan dengan angkutan darat lainnya,” papar Wahid. Selain itu, menurut Wahid Wahyudi rencana pembangunan double track jalur utara pada tahun ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan perjalanan dengan kereta api yang lebih cepat serta efisien. Dalam sambutannya pula, Wahid mengungkapkan bahwa Dinas Perhubungan sangatlah mendukung program pengembangan Kereta Api Bandara Juanda. “Saya berharap agar segera dilaksanakan relokasi rel kereta api di daerah Lapindo, agar perjalanan kereta api semakin lancer dan aman. Semoga ke depannya PT. KAI dapat meningkatakan pelayanannya serta menjadi lebih baik dan efisien,” tutur Wahid di akhir sambutannya.
Setelah itu, acara dilanjutkan peresmian KA Rajawali 2 secara simbolik dengan pemencetan bel oleh Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jatim. Lalu Kepala Dinas Perhubungan, EVP Daop 8, beserta beberapa staf masuk ke dalam kereta untuk memberikan ucapan selamat jalan kepada para penumpang. Kadin Perhubungan juga memberikan Semboyan 40 sebagai tanda untuk pemberangkatan KA Rajawali 2. Acara kemudian ditutup dengan ramah tamah di Stasiun Pasar Turi.  (humaska)

No comments:

Post a Comment