Wednesday, February 23, 2011

PT. KAI dan PT. Telkom Kembangkan Model Teknologi Informasi Guna Memberikan Pelayanan Terbaik

Teknologi informasi yang menjadi kebutuhan primer PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) haruslah memiliki keunggulan. Hal ini diperlukan guna mendukung bisnis perkeretaapian yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa dari waktu ke waktu. Atas hal tersebut, PT. KAI bekerjasama dengan PT. Telkom di bidang teknologi informasi, dimana Telkom Management Consulting Centre (MCC) sebuah divisi di PT. Telkom menjadi konsultan dari PT. KAI untuk mengembangkan teknologi ini.
Dalam kerjasama ini, PT. Telkom hanya memberikan arahan kepada PT. KAI dalam pengembangan sistem informasi dan teknologi, termasuk dalam penggunaan aplikasi yang mendukungnya. Pengembangan ini berdasarkan pada master plan yang diberikan oleh General Manager Project Information Technology Master Plan MCC kepada Executive Vice President (EVP) Information Technology PT. KAI, M. Kuncoro Wibowo di Jakarta, Kamis (2/11). Master plan information technology yang diberikan ini berisi tentang berbagai macam rencana yang akan dilakukan oleh PT. KAI dari tahun 2011 hingga 2015 nanti.

Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito (kedua kanan) menerima cinderamata dari Deputy Executive General Manager Divisi Enterprise PT. Telkom (kedua kiri), dalam acara penyerahan Master Plan Information Technology PT. KAI di Jakarta, Kamis (2/11).
Dalam acara penyerahan ini, hadir pula Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito. “Pengembangan teknologi informasi akan memberikan nilai tambah, terutama pada pengguna jasa kami,” tutur Wimbo di sela-sela acara tersebut.
Dengan adanya pengembangan teknologi informasi yang mumpuni, sudah barang tentu para pengguna jasa kereta api  (KA) akan semakin dimanjakan oleh berbagai kemudahan dan kenyamanan. Seperti yang sudah dilakukan saat ini, para pengguna jasa KA sudah dimanjakan dengan adanya hot spot area di stasiun KA. Lalu penumpang KA New Argo Jati juga diberikan fasilitas Wi Fi, dimana mereka selama perjalanan Gambir – Cirebon PP bisa mengakses internet. Dan nantinya, bukan KA New Argo Jati saja yang memiliki fasilitas tersebut, namun semua KA. Kemudahan lainnya yang bisa didapatkan dari pengembangan ini, yaitu e-ticketing. Bukan e-ticketing untuk penumpang komuter atau jarak dekat saja, tetapi juga untuk para penumpang KA jarak jauh. (humaska)

No comments:

Post a Comment