Wednesday, February 23, 2011

PT. KAI Adakan MoU dengan PT. XL AXIATA TBK


 Direktur Komersial PT. KAI Sulistyo Wimbo Hardjito (kiri) dan Direktur PT. XL Axiata Tbk Joy Wahjudi usai menandatangani MoU untuk meningkatkan kemudahan dalam mendapatkan tiket kereta api.
Untuk meningkatkan kemudahan dalam mendapatkan tiket kereta api serta memberikan pelayanan tambahan kepada para pengguna jasa, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (Mou) dengan PT. XL Axiata Tbk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa telekomunikasi seluler pada bidang Sumber Daya Sistem Informasi di Menara Prima, Jakarta, Rabu (8/11). MoU yang ditandatangani oleh Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito dan Direktur PT. XL Axiata Tbk, Joy Wahjudi berisi mengenai kerjasama pengembangan teknologi informasi yang akan digunakan oleh PT. KAI. Pengembangan teknologi informasi ini ditujukan untuk memberikan pelayanan yang semakin berkualitas kepada para pengguna jasa PT. KAI. 
Nantinya, para pengguna jasa kereta api (KA) bisa melakukan pemesanan dan pembelian tiket melalui mobile phone dengan menggunakan Kereta Api Mobile Application (KABILA). Melalui pembelian tiket via mobile phone ini, masyarakat hanya perlu mengkoneksikan dengan KABILA, dan bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Bagi pengguna provider GSM XL, kemudahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk pembelian tiket KA, yaitu XL Tunai dengan masuk ke fitur XL.
Lalu, manfaat yang didapatkan dari PT. KAI dari MoU ini, PT. KAI bisa menyediakan telepon umum gratis di enam stasiun besar seperti, Stasiun Gambir Jakarta dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Sudah barang tentu ini menjadi nilai tambah yang positif bagi pelayanan PT. KAI.
Selain itu, kerjasama ini mencakup penyediaan fasilitas wi-fi di atas kereta api, serta penyediaan hotspot area di ruang tunggu eksekutif di stasiun KA. Saat ini, rangkaian KA yang baru tersedia fasilitas wi-fi ada di KA New Argo Jati relasi Gambir – Cirebon PP. Dan diharapkan pada 2011 penyediaan fasilitas wi-fi di atas rangkaian KA ini semakin banyak. Sehingga para penumpang KA yang memerlukan koneksi internet tidak perlu direpotkan lagi membawa modem.
Dalam sambutannya, Sulistyo Wimbo Hardjito mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini, diharapkan para penumpang akan semakin dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memudahkan mereka. “Ini adalah bentuk layanan tambahan kami kepada para pengguna jasa kereta api, diharapkan mereka semakin nyaman selama menunggu di stasiun dan di atas kereta api selama perjalanan sampai ke tujuan. Serta mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan tiket kereta api tanpa perlu datang langsung ke Stasiun,” tutur Wimbo.
“Diharapkan, dengan adanya penyediaan berbagai fasilitas yang didukung oleh XL ini, pelanggan akan semakin senang, baik pelanggan kereta api, maupun pelanggan dari XL. Dan ini ke depannya akan menggunakan aplikasi yang banyak, dan tidak mustahil kerjasama ini akan terus ditingkatkan demi memberikan nilai tambah pada konsumen,” tambah Wimbo. Dalam kesempatan yang sama, Joy Wahjudi mengungkapkan, sinergi ini bisa berlanjut dan berkembang terus seiring dengan perkembangan teknologi. “Dengan penandatanganan MoU ini, bisa segera menjadi realisasi,” ujarnya. (humaska)

No comments:

Post a Comment